«

»

Des 06

Asda II Banten H.Ino : Satgas Pangan Provinsi Banten Perlu Dibentuk

BANTEN, – Dalam pemenuhan kebutuhan dasar pokok pangan, merupakan hak setiap kehidupan manusia. Hal ini berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 18 tahun 2012 tentang pangan.

Dalam UU tersebut mengamanatkan, bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang paling utama dan pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia yang dijamin dalam perundangan di Indonesia.

Hal ini dikatakan oleh Asisten Daerah (Asda) II H.Ino Rawita, saat pembukaan Rapat Koordinasi Satuan Tugas (Satgas) Pangan di Provinsi Banten (6/12/2017)

Menurut H.Ino, dia sangat menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terbentuknya Satgas Pangan tersebut.
H.Ino juga mengungkapkan, berdasrkan UU Nomor 18 2012 tentang pangan, didalamnya mengamanatkan bahwa pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang paling utama. “Pemenuhannya merupakan bagian dari hak asasi manusia yang dijamin dalam undang-undang dasar negara tahun 1945,” katanya.

Maka lanjut H.Ino, negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan dan keterjangkauan serta pemenuhan rakyatnya secara merata dengan memanfaatkan sumber daya, kelembagaan dan kearifan lokal. “Maka tugas satgas ini sangat perlu dibentuk untuk menjaga stabilitas pangan ini. Baik harga bahan pokok, serta menjaga stabilitas komoditas lainnya sebagai kebutuhan dasar masyarakat,” jelasnya.

Satgas ini tegas H.Ino, melakukan pemantauan terhadap semua kompetitor dan para spekulan bisnis pangan pokok, melakukan operasi pasar, melakukan pemantauan harga pangan, melakukan pemantauan terhadap ketersediaan pangan, melakukan pemantauan terhadap keamanan pangan, serta melakukan penyelidikan.

“ Dalam pelaksanaan tugas, anggota satgas disesuaikan dengan tugas pokok dan fungsinya pada masing-masing OPD,” ucap H.Ino.

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833