«

»

Okt 02

Badan Sandi dan Siber Nasional Segera di Bentuk

JAKARTA, – Badan Sandi dan Siber Nasional (BSSN) tak lama lagi akan terbentuk. Saat ini BSSN sedang dalam tahap penuntasan. “Sekarang memang dalam tahap penuntasan. Sekarang persiapan sudah matang,” kata Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/10).

BSSN salah satunya nanti berfungsi mengamankan segala aktivitas di dunia maya Tanah Air. Pemerintah juga telah bekerjasama dengan sejumlah negara. “Kerja sama kami dengan negara lain sudah dilakukan cukup sering. Mereka juga cukup menghormati rencana Indonesia untuk membuat Badan Siber Nasional,” ujarnya.

Dia menuturkan, BSSN juga bakal berfungsi sebagai koordinator bagi lembaga serupa di tingkat masyarakat dan institusi pemerintah seperti TNI, Polri, intelijen dan Kementerian Pertahanan (Kemhan).

Ditegaskan bahwa payung hukum sangat diperlukan agar BSSN berjalan tanpa hambatan. Regulasi sedang disiapkan. “Butuh payung untuk proteksi secara nasional. Ini sedang kita bikin. Saya mengharapkan, mudah-mudahan bulan ini selesailah ya,” tegasnya.

Dia menambahkan, tak ada tenggat waktu pembentukan BSSN. Dia hanya memastikan, BSSN akan mendukung terciptanya situasi bangsa tetap tenang dan kondusif. “Intinya beginilah, yang kita inginkan keadaan yang aman, keadaan yang tenteram, damai. Dari keadaan seperti itu terbangun situasi yang kondusif, stabil,” imbuhnya.

Dengan kondusifitas tersebut, menurutnya, pembangunan nasional akan semakin maksimal. “Kalau kita sudah bisa membangun dengan baik, maka masyarakat dari sisi kesejahteraan akan muncul, meningkat,” tandasnya. (*/SP/Ist)

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833