«

»

Des 12

Bahas Yerusalem, Menlu RI Temui Menlu Yordania dan Palestina

AMMAN, – Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi yang saat ini berada di Amman, Yordania, melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Yordania Ayman Safadi dan Menlu Palestina Riyad al-Maliki. Kedua pertemuan bilateral dilakukan untuk memberi dukungan kepada Palestina pasca keputusan kontroversial Presiden Amerika Serikat (AS) tentang Yerusalem.

Lobi Menlu Retno dilakukan sebagai bentuk dukungan Indonesia kepada Palestina. Kunjungan Retno ke Amman juga dalam rangka persiapan KTT Luar Biasa OKI yang akan digelar di Istanbul, Turki, pada Rabu (13/12).

Menlu RI , Retno Marsudi (Ist)


“Ini (pertemuan bilateral) cukup menjadi modal. Kita berkoordinasi, berkomunikasi dengan semua negara OKI. Pertemuan tingkat pejabat tinggi (senior official meeting/SOM) akan dilakukan besok. Dari waktu ke waktu kita pantau terus, insya Allah hasil OKI akan baik dan bermanfaat bagi Palestina,” ujar Retno dalam keterangannya seperti disampaikan Kementerian Luar Negeri RI, Selasa (12/12).

“Pernyataan unilateral Amerika Serikat mengenai status Yerusalem tidak akan mengubah komitmen kuat diplomasi Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina,” demikian disampaikan Menlu RI kepada Menlu Yordania, Ayman Safadi, saat melakukan pertemuan bilateral di Kantor Kementerian Luar Negeri Yordania, di Amman. (11/12).

Dalam pertemuan dengan menlu Yordania, Retno menegaskan bahwa pernyataan unilateral AS mengenai status Yerusalem tidak akan mengubah komitmen kuat diplomasi Indonesia untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Kedua menlu membahas persiapan KTT Luar Biasa OKI mengenai Palestina, besok, di Istanbul, serta melakukan koordinasi terkait langkah diplomasi dalam memperjuangkan status Yerusalem dan kemerdekaan Palestina.

Hal itu penting dilakukan dengan Yordania karena Raja Yordania adalah pelayan Situs Suci di Yerusalem yang berperan sebagai pelindung terhadap situs suci Yerusalem, mewakili kepentingan situs suci Yerusalem di dunia internasional, dan mengatur badan wakaf di Yerusalem.

Dalam pertemuan dengan menlu Yordania, Retno menegaskan Presiden Joko Widodo mengecam langkah unilateral AS yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Langkah itu disebut mempertaruhkan upaya proses perdamaian. (*/SP/Ist)

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833