«

»

Jan 15

BSSN Gunakan Teknologi Lokal Cegah Kejahatan Siber

JAKARTA, – Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) akan menggunakan teknologi lokal dalam menjalankan tugasnya mendeteksi dan mencegah kejahatan siber serta menjaga keamanan siber.

“Iya, kami gunakan teknologi lokal,” ujar Juru Bicara BSSN, Anton Setiawan, di Jakarta, Senin (15/1).

Mayjen Djoko Setiadi Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)


Sebelumnya, kata Anton, Lembaga Sandi Negara dalam melindungi kerahasiaan pemerintah memakai teknologi yang sepenuhnya dibuat oleh deputi litbang.

Meski tanggung jawab BSSN lebih luas, tidak hanya untuk pemerintah, tetapi juga sektor privat dan publik, pihaknya yakin tetap bisa mengaplikasikan teknologi lokal.

“Kami harus turun juga di privat dan publik untuk bisa mengaplikasikan karya-karya anak bangsa di semua sektor sekarang,” ucapnya.

Anton mengakui masih terdapat ketimpangan teknologi dari negara lain, terutama kualitas. Akan tetapi, pihaknya akan terus mengejar lompatan teknologi tersebut.

BSSN percaya dengan kemampuan anak-anak dalam negeri, apalagi teknologi tidak dimulai dari nol dan tinggal menyesuaikan dengan standar sendiri.

“Kita bisa mencontoh yang sudah ada, contoh kita tiru, kemudian standar keamanan termasuk standar kriptografinya kami ubah-ubah disesuaikan dengan standar kami sendiri,” ujar Anton.

BSSN adalah sebuah badan yang sangat penting dan ke depannya sangat diperlukan oleh negara, terutama dalam mengantisipasi perkembangan dunia siber yang pertumbuhannya cepat. (Ant/SP/Ist)

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833