«

»

Agu 06

Diduga Tidak Terbangun Baik, Situ Cicawene Sering Jebol

PANDEGLANG, – Situ Cicawene yang terletak di Kampung Kadu Ranca, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten, diduga dalam perawatannya kurang berjalan baik. Sehingga, rawan terjadinya jebol penahan dinding tanggul yang menyebabkan air Situ selalu surut.

Adanya dugaan tidak berjalannya secara baik terkait perawatan bangunan Situ Cicawene yang ditudingkan warga ke Balai Besar Wilayah Sungai Cidanau-Ciujung-Cidurian (BBWSC3). Bahkan ditudingkan warga, dalam pembangunan Situ asal dipoles saja oleh pelaksananya.

Air Situ Terlihat Surut, Dugaan Warga dalam Pemeliharaan Tidak Optimal Meski Beberapa kali Dilakukan Perawatannya.

Menurut warga di Kampung Kadu Ranca, pelaksana pembangunan dan pemeliharaan Situ adalah dari BBWSC3. “Padahal dananya kami kira cukup besar pak. Tapi anehnya air situ selalu saja surut meski dimusim penghujan seperti sekarang,” tutur salah satu warga, yang minta namanya tidak dipublikasikan.

Hal ini juga di benarkan oleh warga setempat, sebut saja Bu Enah. Katanya, sekitar bulan lalu sudah dibangun kembali. “ Kalau tidak salah dari orang dinas juga. Katanya sih rumahnya di pandeglang, tapi lupa namanya,” katanya.

Menurut Bu Enah, seharusnya kalau sudah dibangun air Situ tidak selalu surut. “ Tapi ini mah surut saja, sepertinya ada yang bocor lagi disekitar pintu air atau tanggul,” terangnya.

Katanya, pelaksana dari Balai Besar juga pernah cerita kalau anggarannya tidak mencukupi untuk keseluruhan pembangunan Situ Cicawene. “Katanya sih harus di ada biaya lagi, kalau ingin semua tertembok tanggulnya itu. Kalau yang sekarang ‘kan belum semuanya dipasang tembok penahan dinding tanggul situ, kalau tidak percaya silahkan bapak lihat kesana,” jelasnya.

Air Selalu Surut

Benar saja ! apa yang di obrolakan oleh warga setempat, nampak air Situ Cicawene terlihat surut dan pinggiran Situ terlihat batu yang menyembul serta seperti ada longsoran tanah di sebelah timur.

Surutnya Air Situ, dimanfaatkan oleh beberapa warga yang sedang mancing ikan. “ Airnya surut pak, padahal baru bulan-bulan kemarin diperbaiki,” ujar salah satu pemancing, pada wartawan yang sedang mengambil dokumentasi.
Ketika ditanya soal surutnya air Situ, salah satu warga yang sedang memancing mengungkapkan dugaan bahwa dalam pembangunannya kurang baik. “ kalau pembangunannya baik, yah mestinya tidak sering jebol pak, bener tidak, ” ucapnya sambil tertawa.

Imbuhnya, kebiasaan pembangunan di wilayah yang jauh dari pemerintah pusat biasanya asal jadi dan kurang berkualitas. “ Yah sepertinya sudah dijadikan tradisi agar membangun di wilayah pelosok tidak harus bagus barangkali, agar sering ngucur dalam anggaran perawatannya,” ungkapnya sambil tersenyum. (*/Ist)

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833