«

»

Jul 21

Dinas Ketahanan Pangan Banten Susun RPJMD dan RENSTRA Tahun 2017-2022

BANTEN, – Dalam penyusunan bahan RPJMD dan Renstra Dinas Ketahanan Pangan Tahun 2017-2022, dititik beratkan dan fokus pada kemandirian pangan daerah agar masyarakat sejahtera. Hal ini berdasarkan UU No 18 Tahun 2012, tentang pangan, beberapa waktu lalu (12/7).

Menurut Asisten Pembangunan dan Perekonomian Setda Prov.Banten, DR.H.Ino Rawita dalam kata sambutannya di kegiatan ini, katanya, berdasarkan UU tersebut diatas, bahwa kebutuhan dasar manusia yang paling utama adalah pangan dan pemenuhannya sebagai hak asasi manusia yang telah dijamin UUD 1945. “Ini sebagai komponen dasar untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas,” Kata Ino Rawita.

Kata Ino Rawita, dalam hal ini negara berkewajiban mewujudkan ketersediaan, keterjangkauan, dan pemenuhan konsumsi pangan yang cukup, aman,bermutu dan bergizi seimbang.” Pada tingkat nasional maupun daerah hingga perorangan secara merata sepanjang waktu dengan memanfaatkan sumber daya, kelembagaan dan kearifan lokal,” terangnya.

Sementara lanjut Ino, bila dikaitkan dengan Rancangan RPJMD Prov.Banten Tahun 2017-2022, dengan VISI yang ingin dicapai adalah ”BANTEN YANG MAJU, MANDIRI, BERDAYA SAING, SEJAHTERA DAN BERAKHLAKUL KARIMAH”. “Sehingga dapat terwujudnya rakyat banten yang sejahtera, yang pada hakekatnya terwujudnya melalui peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas,” ucapnya.

Imbuh Ino, perangkat daerah mempuyai kewajiban dalam penyiapan rencana kerja waktu 5 tahun sebagaimana di amanatkan dalam UU No 23 Tahun 2014 pasal 272 ayat (1), bahwa ”Perangkat daerah menyusun rencana strategis dengan berpedoman pada RPJMD” dan Ayat (2) ”Rencana strategis pernagkat daerah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) yang memuat Tujuan, Sasaran, Program dan Kegiatan Pembangunan dalam rangka pelaksanaan urusan pemerintahan wajib dan atau urusan pemerintah pilihan sesaui dengan tugas dan fungsi setiap perangkat daerah.

Ino Rawita menegaskan, rancangan Renstra Dinas Ketahanan Pangan merupakan bentuk implementasi dalam pelaksanaan pencapaian Visi dan Misi Kepala daerah periode 2017-2022.
“ Kegiatan ini adalah rencana yang memuat visi, misi, tujuan, sasaran, strategis, kebijakan, program dan indikasi yang akan menyususn sesuai tugas dan fungsinya yang berpedoman pada RPJMD serta bersifat indikatif,” tandasnya. (*/ADV)

Sumber :Dinas Ketahanan Pangan Banten

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833