«

»

Okt 28

Dinas Ketapang Banten Berikan Penghargaan Desa dan Kelurahan Mandiri Pangan

BANTEN, – Salah satu upaya pemerintah untuk mengatasi masalah kerawanan pangan dan kemiskinan di perdesaan adalah melalui Program Desa atau Kelurahan Mandiri Pangan. Maka melalui Program Desa Mandiri Pangan diharapkan masyarakat desa mempunyai kemampuan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi, sehingga dapat menjalani hidup sehat dan produktif, secara berkelanjutan.

Upaya tersebut dilakukan melalui proses pemberdayaan masyarakat untuk mengenali potensi dan kemampuannya, mencari alternatif peluang dan pemecahan masalah untuk memanfaatkan sumberdaya alam secara efisien sehingga tercapai kemandirian pangan bagi masyarakat. Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten,DR.M.Ali Fadilllah, dalam sambutan di acara ‘Pemberian Penghargaan Lomba Desa dan Kelurahan Mandiri Pangan’ kemarin (27/10)

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Banten, DR.M.Ali Fadillah saat memberikan penghargaan bagi peserta desa dan kelurahan mandiri pangan dalam lomba desa dan kelurahan Mandiri Pangan (27/10).


Ali Fadillah juga menyampaikan, pada akhir tahun 2012, kegiatan Desa mandiri pangan di Provinsi Banten telah dilaksanakan di 52 desa, pada 4 kabupaten/ 1 kota. Dan mulai Pada tahun 2013, kegiatan Desa Mandiri Pangan dikembangkan dalam 2 model. Pertama, adalah Desa Mandiri Reguler yang selama ini sudah berjalan dari tahun 2006 s/d 2012, Kedua adalah Kawasan Mandiri Pangan di 2 kawasan, kabupaten/kota, yang terdiri dari: (1) Kawasan Mandiri Pangan sebanyak 2 kawasan di 2 kabupaten antara lain, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang. “Namun sehubungan dengan keterlambatan dalam penyampaian Laporan hasil CPCL pada tahun 2015, maka pada akhirnya pada tahun Anggaran 2016 kegiatan Kawasan Mandiri Pangan tidak dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya,” katanya.

Lanjutnya, untuk lebih meningkatkan motivasi dan partisipasi masyarakat dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan perlu adanya pemberian penghargaan, dan pemberian penghargaan kepada para Pengelola Desa dan kelurahan Mandiri Pangan tahun 2017 ini dilaksanakan dalam rangka menggerakkan partisipasi, motivasi, dan membangun sinergi antara pemerintah dan masyarakat dalam mewujudkan kedaulatan, kemandirian, dan ketahanan pangan, peran Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten dalam melakukan koordinasi serta membangun sinergitas untuk percepatan pelaksanaan program pembangunan Ketahanan Pangan di Provinsi Banten adalah sebagai kunci dan penggerak dalam mewujudkan tujuan Ketahanan Pangan di Provinsi Banten.

“Saya berharap kegiatan lomba Desa dan Kelurahan Mandiri dan tahan Pangan tahun 2017 ini diharapkan dapat menumbuhkan dan mendorong semangat, kreativitas, serta partisipasi masyarakat khususnya pengelola Kelompok Desa / Kelurahan Mandiri Pangan dimasa-masa yang akan datang, dan Saya ucapkan selamat dan sukses kepada para pemenang lomba selamat bekerja, semoga dari penghargaan ini akan memperoleh manfaat yang optimal untuk mendukung keberhasilan pelaksanaan kegiatan Desa Mandiri Pangan diwilayah masing-masing,” paparnya. (*/ADV)

Sumber :Dinas Ketahanan Pangan Banten

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833