«

»

Agu 03

Dinas Ketapang Banten di Forum Data Ketahanan Pangan Tahun 2017

BANTEN, – Dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang baik, terbuka dan akuntabel, maka ketersedian data dan informasi merupakan prasyarat yang sangat mendasar.

Hal ini, dikatakan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten DR.Moh.Ali Fadillah, di acara Forum Data Ketahanan Pangan Tahun 2017, yang bertempat di Hotel Le Dian, Kota Serang, Kamis (3/8).

Kata Ali fadillah, ketersediaan data dan informasi itu juga harus dapat dipertanggungjawabkan dengan dukungan dokumentasi lengkap , akurat dan faktual. “Sumber data dan informasi yang valid, dan akurat, sangat berpengaruh dalam penyusunan perencanaan,evaluasi dan pengendalian program kegiatan,” katanya.

Ali Fadillah juga menambahkan, bahwa dengan adanya informasi yang dapat di akses oleh lapisan masyarakat yang peduli pembangunan (khususnya terkait ketahanan pangan) aka berdampak baik dan berhasilnya sebuah program pembanguan itu sendiri. “ Sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi yang positif dari peran masyarakat terhadap upaya akselerasi dalam pencapaian pembangunan ketahanan pangan di wilayah provinsi banten, “ terangnya.

Lanjut Ali fadillah, dalam rancangan Renstra di Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten, di tahun 2017 mempunyai misi yaitu ‘Menjadi Institusi Yang Andal, Dalam Mewujudkan Ketahanan Pangan Berkelanjutan Menuju Banten MAJU, MANDIRI DAN SEJAHTERA.’.

Ali Fadillah juga berharap, dalam upaya dikegiatan tersebut diharapkan menjadi jembatan bagi terciptanya sinergisitas diantara pemangku kepentingan. ”Baik organisasi perangkat daerah ditingkat provinsi, kabupaten atau kota dan stakeholders lainnya, dalam mewujudkan pembangunan ketahanan pangan yang berdaulat dan mandiri diwilayah provinsi banten, “ujarnya.

Imbuhnya, sejalan dengan hal tersebut, pada tahu anggaran 2017 Dinas Ketahahan Pangan Banten akan melakukan upaya optimalisasi publikasi data hasil pembangunan ketahanan pangan yang dilaksanakan pada tahun sebelumnya (tahun 2016).

“Melalui data tersebut, diharapkan program dan kegiatan pembangunan ketahanan di provinsi banten, terakses oleh masyarakat serta sekaligus sebagai bentuk informasi, sosialisasi, akuntabilitas dan transparan bagi masyarakat,” jelasnya. (*/ADV)

Sumber : Dinas Ketahanan Pangan Banten

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833