«

»

Sep 13

Dinas Ketapang Banten Gelar Evaluasi Pengendalian TLHP dan APIP

BANTEN, – Guna mewujudkan tercapainya tujuan penyelenggaraan program pemerintah daerah yang efektif berdasarkan peraturan pemerintah No.12 tahun 2017, tentang pembinaan dan pengawasannya, pemerintahan daerah dituntut menjamin berjalannya setiap program secara efesien dan efektif sesuai dengan ketentuan peraturan serta perundang-undangan.

Hal ini dikatakan oleh Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten, Ferijanto, dalam membacakan kata sambutan dan arahan dari Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi, DR.M.Ali Fadillah, di kegiatan penyusunan evaluasi pengendalian (TLHP dan APIP), beberapa waktu lalu (13/9), diruang rapat Dinas Ketahanan Pangan Prov.Banten.

Rapat Evaluasi Penyusunan Pengendalian TLHP dan APIP di Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten, (13/9/2017)

Menurut Ferijanto, kegiatan evaluasi ini untuk meminimalkan resiko yang ada dan memastikan urusan wajib atau pilihan telah dilaksanakan sesuai bidangnya. ”Karena APBD telah diselenggarakan berdasarkan sistem pengendalian intern secara menyeluruh dan akuntansi keuangan sesuai dengan standar akuntansi pemerintah (SAP),” jelasnya.

Kata Ferijanto, dalam rapat pimpinan dengan gubernur banten diawal agustus lalu, telah dibahas tentang ikhtisar kerugian negara/daerah pada pemeriksaan reguler Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi Banten pada tahun anggaran 2016. “Nilai materil pengembalian sebesar Rp.133.986,130,- dan sudah disetor senilai Rp 1.480.000,-. Kemudian, per 28 agustus 2017 pengembalian yang sudah disetor RP.62.217.750,00 sehingga sisa LHP tahun anggaran 2016 tersebut sebesar Rp.71.768.380,00,-,” ungkapnya.

Ferijanto juga berharap, dalam ikhtisar adanya kerugian tersebut dapat dituntaskan oleh PPTK yang bersangkutan. “ Dan PPTK di dalam pelaksanaan, pengadministrasian kegiatan harus mematuhi, mempedomani setiap ketentuan yang berlaku,” ucapnya.

Lanjut Ferijanto, hal ini sangatlah penting untuk diperhatikan dan disampaikan. Katanya, ini demi efektif dan efesiennya serta sebagai bahan evaluasi dalam setiap program yang berjalan dan akan berjalan di Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten ke depan. “ Semoga kegiatan penyusunan evaluasi pengendalian TLHP dan APIP ini, berjalan maksimal dan menghasilkan evaluasi cukup baik,” katanya. (*/Adv)

Sumber : Dinas Ketahanan Pangan Banten

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833