«

»

Sep 28

Dinas Ketapang Banten Gelar Lomba Cipta Menu B2SA

BANTEN, – Dalam Acara Lomba Cipta Menu Beragam Bergizi Seimbang dan Aman (LCM-B2SA) Berbasis Sumber Daya Lokal. Kegiatan ini bentuk kerjasama Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten dengan sebagai bentuk sosialisasi konsumsi pangan dengan B2SA yang akan berjenjang sampai tingkat nasional.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten, DR.M.Ali Fadillah dalam sambutannya.
Katanya, lomba cipta menu B2SA ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dimasyarakat dalam penerapan sehari-hari dalam konsumsi pangan serta meningkatkan kreatifitas mengembangkan menu B2SA berbasis (bahan) lokal. “ Ini diharapkan sebagai upaya mempercepat program penurunan konsumsi beras 1.5 persen, mempromosikan berbagai bahan pangan lokal dan olahan yang berasal dari non beras dan non terigu kepada masyarakat untuk dijadikan pangan pilihan sebagai sumber karbohidrat,” ungkapnya.

Masih kata Ali , kegiatan ini dapat memberikan kontribusi dalam rangka implentasi Pepres No 22 tahun 2009 dan Pergub No 9 tahun 2010 tentang percepatan penganekaragaman konsumsi pangan.

Kegiatan ini juga lanjutnya, penganekaragaman pangan sebagai upaya untuk meningkatkan ketersediaan pangan yang beragam. “Konsumsi pangan di banten saat ini yang masih di dominasi oleh beras, belum memanfaatkan sumber bahan lainya seperti jenis umbi-umbian meski melimpah mengakibatkan rendahnya nilai jual sejenis bahan tersebut,” katanya, sambil mengatakan bahwa dari kondisi itu membuat petaninya belum diuntungkan dalam meningkatkan dalam kesejahteraannnya.

Untuk itu kata Ali Fadillah, ketahanan pangan menjadi salah satu variabel strategis dalam pembangunan ekonomi nasional. “Pembangunan ketahanan pangan itu sendiri adanya jaminan ketersediaan, distribusi dan konsumsi pangan yang cukup beragam yang cukup da bergizi seimbang,” jelasnya.

Ali Fadilah juga, sangat mengapresiasi dalam kegiatan lomba B2SA berbasis lokal ke tingkat nasional tahun 2018. “ Saya sebagai ketua panitia mohon maaf apabila dalam penyelenggaraan LCM B2SA ada yang kurang berkenan. Dan mohon kepada ibu ketua tim PKK sebagai penggerak PKK provinsi banten untuk memberikan arahan dan membuka acara lomba B2SA tingkat provinsi banten,” katanya. (*/ADV)

Sumber : Dinas Ketahanan Pangan Banten.

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833