«

»

Mar 07

Gua Jepang di Pangandaran Butuh Perhatian Pemerintah

PANGANDARAN, – Goa yang dijadikan benteng pertahanan tentara Jepang masa Perang Dunia II yang berada di kawasan Konservasi Cagar Alam Pangandaran selesai dibangun selama 3,5 bulan pada dekade 1940. Namun begitu, penggunaan benteng tersebut tidak lama, karena seluruh tentara Jepang dipaksa harus menyerah kepada Sekutu setelah Kota Nagasaki dan Hiroshima dibom atom.

“Menurut informasi yang saya terima goa jepang tidak lama digunakan karena tentara Jepang ditarik dan kembali ke negaranya setelah menyerah kepada sekutu karena Kota nagasaki dan Hiroshima di Bom Atom,” ungkap Asep Nurdin, Pemandu Wisata Cagar Alam Pangandaran.

Goa peninggalan masa pendudukan jepang di kawasan Pangandaran, yang dijadikan benteng pertahanan dan persembunyian tentara waktu itu


Seiring berjalannya waktu, lanjut Asep, kawasan Cagar Alam Pangandaran dijadikan sebagai kawasan konservasi dan kawasan wisata sehingga keberadaan goa jepang dijadikan salah satu lokasi wisata sejarah.

“Karena Goa Jepang berada di kawasan konservasi Cagar Alam Pangandaran, akhirnya dimanfaatkan oleh warga lokal Pangandaran dijadikan tempat wisata sejarah,” tutur Asep.

Saksi hidup

Kata Asep, banyak manfaat yang didapatkan dengan adanya Goa Jepang tersebut. Di antaranya, warga Pangandaran bisa mengetahui sejarah keberadaan Jepang di Pangandaran. Untuk mendapatkan informasi tentang sejarah goa Jepang, para Pemandu mengumpulkan data-data dan mendatangi saksi hidup.

“Saksi hidupnya sekarang sudah mulai berkurang. Paling tinggal beberapa orang dan sekarang sejarah Goa Jepang harus digali selengkap-lengkapnya,” tuturnya.

Para Pemandu juga pernah kedatangan wisatawan yang berasal dari Jepang dan pernah bertugas menjadi tentara di Pangandaran.

Dirinya mengaku sempat menggali informasi dari tentara jepang tersebut tetapi informasi yang didapatkan tidak banyak. Dan wisatawan asal Jepang itu, kata Asep, hanya bilang minta maaf kepada masyarakat Pangandaran yang sudah menjadi Romusha.

Saat ini Keberadaan Goa Jepang sudah mulai banyak dikunjungi wisatawan yang datang ke Cagar Alam Pangandaran. Para Pemandu dan Pemerhati sejarah di Pangandaran sangat berharap perhatian dari Pemerintah.

“Supaya goa jepang terus terjaga keberadaannya kita sangat berharap pemerintah bisa melakukan yang terbaik untuk goa Jepang,” katanya. (Ist)

Sumber :pikiran rakyat

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833