«

»

Des 15

Gubernur Banten : Rakor DKP Guna Mendorong Terwujudnya Kedaulatan Pangan di Banten

BANTEN, – Dalam Rakor Dewan Ketahanan Pangan Provinsi banten tahun 2017, Gubernur Banten Wahidin Halim mengungkapkan, bahwa UU Nomor 18 Tahun 2012 telah mengamanatkan tentang pangan sebagai kebutuhan dasar manusia yang paling utama.

Rapat Koordinasi Dewan Ketahanan Pangan Provinsi Banten, di Ballroom Bappeda Prov.Banten (14/12/2017)


Kata Wahidin, untuk pemenuhannya itu merupakan hak asasi individu juga merupakan bagian pilar bagi eksistensi dan kedaulatan suatu bangsa. “Salah satu tugas dewan ketahanan pangan sebagaimana diamanatkan dalam peraturan presiden nomor 14 tahun 2006 adalah menyelenggarakan koordinasi dewan ketahanan pangan secara berjenjang dengan tujuan mengevaluasi dan membahas permasalahannya, “ ungkap Wahidin ketika membuka rakor dewan ketahanan pangan Banten, di Ballroom Bappeda Provinsi Banten, kemarin (14/12).

Wahidin juga mengatakan, bahwa pembangunan ketahanan pangan merupakan salah satu pilar utama dalam pembangunan ekonomi nasional maupun daerah. “Dan menjadi salah satu program prioritas dalam melaksanakan pembangunan di banten,” ucapnya.

Lanjut Wahidin, dewan ketahanan pangan Kabupaten/Kota memiliki peran yang sangat strategis dalam mengarahkan, merumuskan serta mengawal implementasi kebijakan ketahanan pangan. “Hal ini penting untuk mengetahui pelaksanaan program ketahanan pangan yang mencakup sub sistem ketersediaan dan kerawanan pangan, distribusi, akses pangan dan sistem komunikasi dan keamanan pangan itu sendiri,” paparnya.

Katanya, dirinya selaku ketua Dewan Ketahanan Pangan (DKP) Provinsi Banten, telah memerintahkan kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten untuk mengadakan pertemuan pra rakor DKP yang melibatkan anggota DKP Provinsi, Kabupaten/Kota dan stakeholders lainnya. “Isu strategis yang dihasilkan, menjadi pokok pikiran rapat hari ini yang dituangkan dalam bentuk kesepakatan antara pemerintah provinsi dan kabupaten dan kota,” jelasnya.

Wahidin juga menegaskan, ada 6 isu strategis ketahanan pangan di Provinsi Banten. Pertama; Kelembagaan, Kedua; terbatasnya ketersediaan pangan di Banten, Ketiga ; masih terdapatnya daerah rentan pangan, Keempat; rendahnya keterjangkauan pangan, kelima ; belum beragamnya konsumsi pangan masyarakat dan masih tingginya ketergantungan pangan pokok beras dan terigu, Keenam ; belum optimalnya pengawasan terhadap mutu dan keamanan pangan.

“Terhadap isu-isu strategis tersebut, provinsi telah mengambil langkah-langkah dalam kebijakannya. Dan harapan kami, rapat koordinasi ini semakin memperkuat hubungan kerjasama antara provinsi dan kabupaten/kota dalam pemantapan ketahanan pangan juga mampu menghasilkan kesepakatan pimpinan daerah guna mendorong percepatan terwujudnya kedaulatan pangan, kemadirian dan ketahanan pangan diwilayah provinsi banten, “paparnya. (*/ADV)

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833