«

»

Agu 02

Konsep Kegiatan TTICD Provinsi Banten Tahun 2017

BANTEN, – Dalam rangka kunjungan kerja Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten ke Sumatera Barat, beberapa waktu lalu (28/7). Dilatar belakangi untuk perkembangan yang positif pelaksanaan TTICD di DKI, guna mendukung stabilisasi harga dan pasokan pangan pokok serta strategis, khususnya dalam kerangka kegiatan PUPM.

Ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan Banten, Moh.Ali Fadillah. Katanya, Provinsi Banten itu sendiri, selain mendukung kegiatan PUPM diwilayahnya juga berperan dalam upaya stabilisasi harga pangan dan peningkatan akses pangan di wilayah Banten.

Jelas Ali fadillah, tujuan TTICD di Banten yaitu untuk mengelola pengadaan pangan di TTICD Provinsi Banten, mengelola stok dan distribusi pangan ke TTI dan masyarakat umum dan melakukan kontrol kualitas produk pangan yang akan disalurkan. “Serta membantu pemasaran bagi LUPM atau TTI yang belum mencapai target serapan dan penjualannya,” jelasnya.

Sementara kata Ali, untuk sasaran wilayah untuk pengembangan TTICD Provinsi Banten adalah Kabupaten/Kota pelaksana kegiatan PUPM tahun 2016 atau tahun 2017 yang mempunyai Gapoktan/LUPM yang masih aktif dalam kegiatannya.

Selain itu lanjutnya, mempunyai jaminan pasokan pangan dan produsen (LUPM dan distribusi pangan) yang ada di wilayahnya. “Juga telah mengembangkan TTI yang berkinerja baik dan jumlah yang mencukupi sebagai sarana pemasaran langsung ke masyarakat konsumen,” terangnya.

Kata Ali, peran TTICD yaitu sebagai Supply Management, stok management, dan Distribution management.

Sementara Tugas Dinas Ketahanan Pangan adalah melaksanakan kegiatan diantaranya, menerbitkan panduan kegiatan pengembangan TTICD di Provinsi Banten, melakukan pembinaan dan mengkoordinasikan kegiatan TTI serta melaporkan kegiatan TTI ke BKP Pusat.

“ Untuk penanggungjawab PUPM di banten Mengadvokasi, sosialisasi, koordinasi dan kerjasama dengan semua pemangku kepentingan dalam pelaksanaan kegiatan TTICD dalam kerangka kegiatan PUPM serta Melaporkan kegiatan TTICD kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi,” ungkapnya. (*/ADV)

Sumber : Dinas Ketahanan Pangan Prov.Banten

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833