«

»

Sep 03

Masyarakat Antusias Berwisata Religi ke Makam “Kapal Bosok’

SERANG, – Masyarakat dari luar maupun asal Banten, kini banyak berkunjung untuk wisata religi ke penziarahan Ki Anderpa ‘Kapal Bosok’. Tepatnya di kampung Drangong, Desa Curug Manis, Kecamatan Curug, Kota Serang-Banten.

Terlebih di hari libur, seperti halnya dihari lebaran Idul Adha kemarin (1/9/2017), kunjungan masyarakat para peziarah nampak ‘membludak’. Termasuk di hari-hari tertentu, makam kramat tersebut sangat ramai dikunjungi oleh masyarakat umum.

Mushola mirip kapal laut dipenziarahan kramat ‘Kapal Bosok’, Curug,Kota Serang-Banten

Hal ini, menjadikan ‘berkah tersendiri’ bagi warga sekitar area penziarahan Ki Anderpa Kapal Bosok, baik dengan cara berjualan makanan dan minuman, atau jasa parkir kendaraan pengunjung wisata religi. “Kami dari jakarta pak, sengaja ingin tau tempat penziarahn kapal bosok ini, ” kata Reni warga jakarta, Minggu, (3/9/2017).

Reni dan keluarga sengaja datang berkunjung ke makam Ki Anderpa Kapal Bosok, stelah berkunjung ke sanak familinya yang ada diwilayah petir. ” Saking penasaran setelah mendengar cerita dari saudara, mak sengaja menyempatkan diri untuk melihat dan ingin tahu sejarah dan asal muasalnya tempat penziarahan ini,” jelasnya.

Pintu gerbang makam Ki Anderpa ‘Kapal Bosok’ di Kp.Drangong,Curug Manis, Curug,Kota Serang,Banten

Kunjungan dari para peziarah tersebut, juga dirasakan oleh Heni salah satu warga setempat yang membuka warung makanan dan minuman di sekitar penziarahan tersebut. Kata Heni, warga dan keluarganya ada manfaat tersendiri dengan keberadaan penziarahan Kapal Bosok. ” Kami bisa berdagang dan menambah penghasilan keluarga pak,” ujarnya.

Meski lanjut Heni, ada keinginan masyarakat setempat terkait sarana dan prasarananya harus ditingkatkan oleh pemerintah Kota Serang, terutama soal prasarana jalan dan sarana mushola, serta toilet perlu dibangunkan kembali. ” Kasihan para pengunjung, yang terkadang harus antri panjang hany auntuk sholat dan ke toilet,” ungkapnya. (*/Ist)

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833