«

»

Agu 22

Menhan: Harga Pesawat Tempur Sukhoi 90 Juta Dollar

JAKARTA, – Menteri Pertahanan (Menhan) Ryamizard Ryacudu mengemukakan pemerintah Indonesia telah‎ resmi membeli 11 pesawat tempur Sukhoi SU-35 dari Rusia. Pembelian alat peralatan pertahanan keamanan (Alpalhankam) itu melalui mekanisme imbal beli antar dua negara.

“Saya nawar sudah lama, buka harga 150 dollar AS, sekarang jadi 90 dollar AS,” kata Ryamizard dalam konferensi pers bersama ‎Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita di Kementerian Pertahanan (Kemhan), Jakarta, Selasa (22/8).

Ia menjelaskan 11 pesawat tersebut akan tiba di Indonesia pada 2019. Pasalnya pengadaan pesawat dilakukan dua tahun setelah penandatanganan perjanjian jual beli.

“Mungkin minggu depan atau bulan depan. Setelah tanda tangan, dua tahun, (pesawat) baru akan sampai sini,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengemukakan Rusia belum memutuskan komoditas nasional apa yang akan dibeli. Namun dalam MoU yang disepakati Rusia akan membeli lebih dari satu komoditas ekspor, dengan pilihan berupa karet olahan dan turunannya, CPO dan turunannya, mesin, kopi dan turunannya.

Komuditas lainnya adalah kakao dan turunannya, tekstil, teh, alas kaki, ikan olahan, furnitur, kopra, plastik dan turunannya, resin, kertas, rempah-rempah, produk industri pertahanan, dan produk lainnya.

“Dengan sistem imbal beli, Indonesia dapat mengekspor komoditas yang sudah pernah diekspor maupun yang belum diekspor sebelumnya,” jelas Enggar.

Sebagaimana diketahui, pembelian 11 pesawat sukhuoi menggunakan mekanisme imbal beli antar dua negara. Dari pembelian itu, Indonesia berpotensi menghasilkan ekspor ke Rusia sebesar 50 persen atau senilai USD 570 juta. Pembelian tersebut menggantikan pesawat F-5.

Untuk diketahui, SU-35 dikembangkan oleh produsen pesawat Sukhoi Company Rusia antara tahun 2003 hingga 2008. Pesawat ini pertama kali diperkenalkan kepada khalayak pada ajang Paris Air Show 2013 sebagai ”generasi 4 ++” derivatif heavily-upgraded dari pesawat Su-27 multi-role. (*/SP/Ist)

Sumber : S P

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833