«

»

Nov 10

Menlu Saudi, Tidak Ada Yang Kebal Hukum di Negaranya

RIYADH, – Menteri Luar Negeri Arab Saudi, Adel al-Jubeir mengatakan, tidak seorang pun imun atau kebal hukum di negaranya, dalam skandal korupsi yang menghebohkan. Dia meyakini, aksi putra mahkota akan meningkatkan keyakinan pengusaha di Arab Saudi karena menunjukkan bahwa negaranya mengadopsi nol toleransi atas korupsi.

“Sebagaimana kami juga mengadopsi kebijakan nol toleransi atas terorisme, ekstremisme, dan pendanaan teror,” ujar al-Jubeir, Kamis (9/11) kemarin. “Putra mahkota telah memperjelas itu bahwa tidak ada pangeran atau menteri dan pejabat tingkat tinggi yang imun dari tuntutan korupsi,” katanya yang dirilis BBC.

Menlu Kerajaan Arab Saudi Adel bin Ahmed Al Jubeir (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)


Juru bicara Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Heather Nauert mengonfirmasi, Kamis (9/11), bahwa telah berbicara dengan Menlu Saudi, al-Jubeir, pada Selasa (6/11). “Bagian dari percakapan itu termasuk pengakuan bahwa Arab Saudi adalah rekan kuat AS. Kami terus mendorong Pemerintah Saudi untuk melanjutkan penuntutan korupsi secara adil dan transparan. Itu yang kami tekankan,” kata Nauert.

Menurutnya, kekhawatiran korupsi di Arab Saudi bukanlah hal baru. AS juga terus mengikuti tindakan itu secara seksama.

media melaporkan sejumlah nama yang ditangkap antara lain pengusaha miliuner Pangeran Alwaleed bin Talal, Pangeran Miteb bin Abdullah yaitu putra dari Raja Abdullah, dan saudaranya yang juga mantan gubernur Riyadh, Pangeran Turki bin Abdullah.

Tokoh lain yang disebut-sebut ditangkap termasuk Alwalid al-Ibrahim, yaitu pemilik jaringan televisi MBC, Amr al-Dabbagh yaitu mantan kepala Otoritas Umum Arab Saudi, Khalid al-Tuwaijri yakni mantan ketua Pengadilan Kerajaan, dan Bakr Bin Laden yaitu pemimpin Grup Bin Laden.

Setidaknya beberapa dari mereka diyakini ditahan di hotel bintang lima Ritz-Carlton, Riyadh. Para tamu biasa diminta untuk mengosongkan kamar mereka Sabtu lalu dan gerbang hotel ditutup sejak Minggu (5/11).(BBC/VOA/CNBC/SP)

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833