«

»

Jan 18

Menteri ESDM : BBM Tidak Naik Hingga 1 April 2019

SUMATERA UTARA, – Pemerintah dalam kebijakannya, Harga bahan bakar minyak (BBM) jenis solar dan premium tidak akan dinaikkan hingga 1 April 2019 meskipun kini harga minyak mentah dunia dalam tren meningkat. Pasokan BBM akan tetap dijaga meski biaya produksi meningkat.

“Sesuai arahan Presiden (di Bali, 22 Desember 2017 –Red), Menteri ESDM sudah mengeluarkan keputusan untuk tidak menaikkan harga BBM,” jelas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan di Parapat, Simalungun, Sumatera Utara, usai meresmikan Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba, Kamis (18/1).

Menteri ESDM Ignasius Jonan (kedua dari kiri) meresmikan Pusat Informasi Geopark Nasional Kaldera Toba, Sumut, 18 Januari 2018. (Dok:Beritasatu.com)


Dalam kebijakan pemerintah tersebut, Menteri ESDM telah menerbitkan SK penetapan harga BBM tanggal 27 Desember 2017.

“Pada tahun 2017, saat harga BBM tidak dinaikkan, Pertamina membukukan laba bersih Rp 27 triliun,” kata Jonan. Pertamina masih meraup keuntungan meski harus menanggung kenaikan biaya pengadaan BBM. Ia memperkirakan, potensi kerugian Pertamina akibat harga BBM tidak dinaikkan sekitar Rp 5 triliun hingga Rp 6 triliun setahun.

Solar yang disubsidi pemerintah mencapai 5,5 juta kilo liter (kl). Namun, yang disalurkan sekitar 4,5 juta kl setahun. Sedang subsidi premium mencapai 12,5 juta kl, sedang yang terdistribusi 7 juta kl.

“Selama 15 bulan saya menjadi menteri ESDM, harga BBM dan tarif listrik tidak pernah dinaikkan,” ujar Jonan. Pemerintah akan terus berusaha agar harga dua komoditas penting bagi hajat hidup orang banyak ini tidak dinaikkan hingga 1 April 2019.

Kebijakan BBM satu harga, kata Jonan, bisa diwujudkan. Saat ini, harga BBM satu harga sudah terjadi di 57 titik dari 154 titik. Kalau semua selesai, biaya transportasi Pertamina bertambah Rp 800 miliar hingga Rp 1 triliun. (SP/BS/Ist)

Sumber: BeritaSatu.com

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833