«

»

Nov 27

Negara-Negara Muslim Dukung Dunia Perangi Terorisme

RIYADH, – Sejumlah 40 negara muslim menyatakan dukungan pada upaya global untuk memerangi terorisme. Di Riyadh, Minggu (26/11), para menteri pertahanan telah menghadiri pertemuan perdana Koalisi Anti Terorisme Militer Islam (IMCTC). Pertemuan ini menandai peluncuran resmi front pan-Islam dan upaya terpadu untuk mendukung perjuangan global melawan terorisme dan ekstremisme yang keras.

Para pejabat tinggi pertahanan dari 40 negara berpenduduk mayoritas Muslim bertemu di Riyadh pada Minggu. Mereka adalah bagian dari satu aliansi yang dikumpulkan dua tahun yang lalu oleh Pangeran Mohammed, yang juga menteri pertahanan Saudi.

Putra Mahkota Saudi dan Menteri Pertahanan Mohammed bin Salman (tengah) berpose dengan menteri pertahanan lainnya dan pejabat aliansi anti-teror dari 41 negara yang bermarkas di ibu kota Arab Saudi, Riyadh, Minggu (26/11), ( AFP PHOTO / Fayez Nureldine)


Pada Minggu (26/11), Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman mengatakan serangan terhadap satu masjid Mesir yang menewaskan lebih dari 300 jemaah akan menempa satu koalisi militer Islam yang bertujuan untuk melawan “terorisme dan ekstremisme”.

Pangeran Mohamed menegaskan akan mendorong versi Islam yang lebih moderat dan toleran di kerajaan ultra konservatif. Dia mengatakan kepada para delegasi bahwa serangan hari Jumat di Mesir adalah kejadian yang sangat menyakitkan dan harus membuat negara Muslim mempertimbangkan upaya dunia internasional memerangi terorisme dan ekstremisme.

“Ancaman terbesar dari terorisme dan ekstremisme tidak hanya membunuh orang-orang yang tidak bersalah dan menyebarkan kebencian, tapi menodai reputasi agama kita dan mendistorsi kepercayaan kita,” seru Pangeran Mohammed kepada pejabat dari Timur Tengah, Afrika dan Asia.

Orang-orang bersenjata yang membawa bendera Negara Islam di Irak dan Suriah (ISIS) menyerang masjid di Sinai Utara, Mesir. Namun kelompok negara-negara Muslim, yang disebut Koalisi Anti Terorisme Militer Islam, belum mengambil tindakan tegas.

Pertemuan perdana, yang bertema “Allied Against Terrorism”, dimulai dengan pidato pembukaan Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman. Pada pertemuan yang berlangsung setengah hari itu, Sekjen IMCTC, Letnan Jenderal Abdulelah Al-Saleh, menggariskan strategi, tata kelola, aktivitas dan rencana masa depan IMCTC. (Al Arabiya/Reuters/SP)

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833