«

»

Des 12

Negara Uni Eropa dan Rusia Tolak Dukung Trump

BRUSSELS, – Kecaman terhadap langkah Presiden Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel terus berlanjut. Kecaman kini datang dari Uni Eropa dan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Presiden Putin mengatakan keputusan Presiden Trump bisa ‘menghapus prospek perdamaian’ antara Israel dan Palestina.

Seperti dilaporkan situs BBC.com, hal ini disampaikan Putin usai mengadakan pertemuan dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, di Ankara,Senin (11/12). “Baik Rusia maupun Turki meyakini bahwa keputusan (Presiden Trump) ini tidak membantu mendorong situasi (yang kondusif) di Timur Tengah. Justru menambah rumit. “Ini bisa merusak proses perdamaian Israel-Palestina,” kata Putin.

President Recep Tayyip Erdogan (kanan) menyambut Presiden Rusia Vladimir Putin saat pertemuan di Istana Ankara, Senin (11/12). [AFP]


Erdogan mengatakan dirinya dan Putin mengambil pendekatan yang sama atas masalah ini dan ia secara khusus menuduh Israel ‘sengaja menyiram minyak ke bara api’. “Israel menggunakan kesempatan ini untuk menekan dan melakukan tindak kekerasan terhadap warga Palestina,” kata Erdogan.

Di tempat terpisah, kepala kebijakan luar negeri Uni Eropa, Federica Mogherini, mengatakan bahwa Uni Eropa ‘bersatu mendukung Yerusalem sebagai ibu kota baik Israel maupun negara Palestina di masa depan’.

Mogherini menegaskan Uni Eropa tidak akan mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel hingga dicapai kesepakatan perdamaian Israel-Palestina, yang mencakup status akhir kota tersebut.

Hal ini sampaikan Mogherini ketika menerima kunjungan Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, di Brussels, Senin (11/12).

“Saya sudah menyampaikan kepada PM Netanyahu bahwa posisi Uni Eropa adalah memegang ‘konsensus internasional’ terhadap Yerusalem … satu-satunya solusi realistis atas masalah ini adalah solusi dua negara, dengan Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan Palestina, sesuai dengan garis 1967,” papar Mogherini.

Netanyahu melawat ke Brussels mendesak negara-negara anggota Uni Eropa mengikuti keputusan Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. (BBC/SP/Ist)

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833