«

»

Sep 23

Pejabat di Wilayah Banten, Kembali Kena OTT KPK

BANTEN, – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) beberapa orang pejabat di Kota Cilegon Provinsi di Banten, Jumat (22/9/2017) hingga tengah malam. Dari OTT tersebut, diamankan sekitar 10 orang, diantaranya Wali Kota Cilegon, pejabat Dinas dan Swasta.

Juru Bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan 10 orang yang diamankan diindikasikan terkait dengan proses perizinan kawasan industri di salah satu Kabupaten/Kota di Banten. “Ada uang ratusan juta yang diamankan sebagai barang bukti,” kata Febri.

Penyidik KPK saat ini melakukan pemeriksaan terhadap mereka yang terjaring OTT, terhadap sejumlah pihak yang diamankan dan sudah dibawa ke Kantor KPK di Jakarta.

Febri menambahkan dalam waktu maksimal 24 jam akan disampaikan hasil OTT ini melalui konferensi pers hari ini di KPK.

Ditetapkan Tersangka
dari asil dari OTT tersebut, KPK menetapkan enam orang tersangka, satu di antaranya Wali Kota Cilegon, Tubagus Iman Ariyadi.

Dalam kasus ini, Iman dan Kepala Badan Perizinan Terpadu dan Penanaman Modal Kota Cilegon Ahmad Dita Prawira diduga menerima suap Rp 1,5 miliar dari PT Brantas Abipraya dan PT Krakatau Industrial Estate Cilegon (KIEC).

Dalam jumpa pers di Gedung KPK Jakarta, Sabtu (23/9/2017), Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan mengatakan, kronologi penangkapan diawali saat petugas KPK menangkap CEO Cilegon United Football Club berinsial YA di Kantor Bank BJB cabang Cilegon.

“Pada Jumat sore, sekitar 15.30 tim KPK mengamankan YA sesaat setelah melakukan penarikan uang Rp 800 juta. YA dan 3 orang staf dan uang Rp 800 juta diamankan,” kata Basaria.

Setelah itu, tim KPK menunju kantor Cilegon United Football Club dan mengamankan lagi uang Rp 352 juta.

Uang itu diduga sisa dana pemberian pertama yang ditransfer PT KIEC kepada Cilegon United Football Club sebesar Rp 700 juta.

Kemudian, tim lain bergerak ke Jalan Tol Cilegon Barat dan mengamankan Project Manager PT Brantas Abipraya Bayu Dwinanto Utomo dan 1 orang supir, 1 staf. (*/Ist)

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833