«

»

Sep 25

Plat Nomor Kendaraan Warna Baru Rencana Terbit Oktober

JAKARTA, -Pertengahan Oktober mendatang, Polri akan segera meluncurkan sejumlah warna baru plat nomor kendaraan bermotor. Hal itu disampaikan Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri, Brigjen Pol Krisnanda Dwi Laksana. ”Rencananya, tengah bulan Oktober akan diluncurkan dari Korlantas untuk masalah kodenisasi Polantas di dalam mengimplementasikan tahun keselamatan,” tuturnya.

Krisnanda menjelaskan, pengubahan warna plat nomor kendaraan tersebut dilakukan bukan hanya bagi kebutuhan CCTV tetapi untuk kebutuhan bukti jika ada pelanggaran dan kejahatan. Plat dengan warna baru juga akan memberikan jaminan legitimasi keabsahan kepemilikan dan asal-usul kendaraan.

”Kebijakan mengubah plat nomor sebagai fungsi kontrol atau penegakan hukum. Kebijakan itu juga bakal jadi bagian forensik kepolisian, serta memberikan pelayanan prima di bidang lalu lintas. Jadi, bukan parsial pertanyaannya, bukan asal di CCTV tapi bagaimana aman, selamat, tertib, dan nyaman,” katanya seperti dilaporkan Tribratanews, Senin 25 September 2017.

Sebelumnya, Kakorlantas Polri, Irjen Royke Lumowa mewacanakan mengubah regulasi plat nomor kendaraan bermotor. Rencananya, warna hitam plat nomor kendaraan bermotor akan diganti menjadi lebih terang. Ukurannya pun akan disesuaikan ulang.

”Setelah melakukan studi, disimpulkan bahwa plat nomor sekarang sulit untuk ditangkap kamera seperti CCTV. Negara-negara maju umumnya menggunakan plat nomor berwarna terang seperti putih, biru muda, atau kuning,” ujar Royke.
Pajak dan dokumen

Penindakan terhadap pelanggar lalu lintas dengan bukti tilang rekaman pengawas dinilai mampu menertibkan pajak dan kelengkapan surat kendaraan bermotor di Jawa Barat. Bukti tilang yang mengejar alamat pengendara sesuai alamat nomor kendaraan bisa menemukan pemilik kendaraan yang menghindari pajak progresif.

Bahkan, pencocokan data pelanggar dengan alamat pemilik kendaraan palsu bisa mengungkap keberadaan kendaraan bodong.

Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Jawa Barat Sony Sulaksono mengatakan, penerapan tilang dengan bukti kamera pengawas bisa sekaligus menata kembali integrasi data kendaraan antarkota atau kabupaten.

“Dengan bukti tilang CCTV ini, menemukan kendaraan dengan surat bodong juga bisa. Banyak hal yang bisa diperoleh dari CCTV, bukan hanya pelanggaran, tetapi juga kroscek administrasi kendaraan,” ujarnya.(*/tribun/PR/Ist)

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833