«

»

Des 13

Presiden Jokowi Tiba di Istanbul Hadiri KTT OKI

ISTANBUL, – Para petinggi negara, termasuk kepala negara dari 57 anggota OKI, dijadwalkan akan berkumpul dalam KTT OKI di Istanbul, Rabu (13/12) untuk menentang keputusan AS yang menyebut Yerusalem sebagai ibu kota Israel.

Indonesia sebagai anggota OKI diwakili langsung oleh Presiden RI Joko Widodo yang sudah tiba di Istanbul, Selasa, pukul 21.54 waktu setempat.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo tiba di Bandar Udara Internasional Atatürk, Istanbul, Turki, Selasa (12/12), pukul 21.54 waktu setempat (WS) atau Rabu (13/12) dini hari WIB. (Foto: Setpres)


Presiden Jokowi sebelumnya menyatakan, penyelenggaraan KTT Luar Biasa OKI adalah kesempatan pertama bagi negara-negara OKI untuk bersama-sama dan tegas menolak keputusan Trump. Turki selaku presiden OKI saat ini, akan memimpin dikeluarkannya Deklarasi Istanbul yang secara khusus berfokus tentang isu Yerusalem dan Palestina.

KTT OKI ini digelar setelah Trump menginstruksikan Kementerian Luar Negeri AS untuk memindahkan Kedutaan Besar AS dari Tel Aviv ke Yerusalem, sejalan dengan Pakta Kedubes Yerusalem tahun 1995.

Presiden Palestina Mahmoud Abbas, Raja Yordania Abdullah II, Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev, dan Presiden Bangladesh Abdoul Hamid, dan Presiden Iran Hassan Rouhani, juga turut hadir dalam KTT tersebut.

Sekitar 25 menteri luar negeri juga hadir termasuk dari Mesir, UEA, Maroko, dan Kazakhstan. Menlu RI Retno Marsudi yang sebelumnya sudah melakukan banyak lobi, juga hadir. Sementara Arab Saudi dilaporkan akan diwakili Menteri Urusan Islam Salih bin Abdulaziz al-Shaikh. (RT/Reuters/Setkab/Hurriyet Daily News/SP)

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833