«

»

Okt 23

Ratu Yordania Kunjungi Pengungsi Rohingya

COX’S BAZAR, – Ratu Rania dari Yordania menyatakan masyarakat internasional harus merespons secara efektif demi mengakhiri penderitaan ratusan ribu Muslim Rohingya.

Pada Senin (23/10), Rania mengunjungi kamp pengungsi di Cox’s Bazar, Bangladesh, berbicara di tengah situasi mengejutkan atas peningkatan kekerasan terhadap warga Rohingya. Ia mendesak, masyarakat internasional untuk untuk terlibat dalam penanganan warga Rohingya.

Ratu Yordania Rania duduk bersama anak-anak Rohingya di dalam sekolah sementara yang dikelola oleh Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) saat kunjungannya ke kamp pengungsi Kutupalong di Ukhia, Bangladesh, Senin (23/10).[AFP]


“Kita harus bertanya, mengapa keadaan kelompok minoritas ini diabaikan? Mengapa penganiayaan sistematis diizinkan untuk terjadi begitu lama?” kata Rania.
Rania juga terkejut dengan pembatasan layanan dasar atas kesehatan dan lainnya kepada warga Rohingya.

“Tidak dapat dimaafkan bahwa krisis ini sedang berlangsung, sebagian besar diabaikan oleh masyarakat internasional. Tanggapan dunia telah diredam. Saya mendesak PBB dan masyarakat internasional untuk melakukan lebih demi memastikan kita bisa membawa damai kepada konflik ini,” katanya.

Dalam konferensi tersebut, PBB juga memperkirakan populasi warga Rohingya ke Bangladesh, meningkat mencapai satu juta orang dan krisis tersebut belum menunjukkan tanda-tanda pengurangan. Organisasi Dokter Tanpa Batas menyebut situasi kesehatan di kamp pengungsi seperti “bom waktu”.

Para pengungsi terancam berbagai penyakit karena minimnya air bersih dan sanitasi. (CBS News/New York Times/SP)

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833