«

»

Agu 28

Sosialisasi Manfaat Pangan Lokal Sebagai Makanan Fungsional

BANTEN, – Dalam sambutannya, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten, DR.M.Ali Fadillah mengatakan, perlunya ketahanan pangan adalah kondisi terpenuhinya pangan bagi negara sampai dengan perseorangan (masyarakat) yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup baik.

Kata Ali Fadillah, pemerintah dan pemerintah daerah berkewajiban mewujudkan penganekaragaman konsumsi pangan untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat dan mendukung hidup sehat, aktif, dan produktif. “Pengakeragaman konsumsi pangan sebagaimana dimaksud pada ayat satu (1) diarahkan, untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan membudayakan pola konsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman serta sesuai dengan potensi dan kearifan lokal,” terangnya.

Dinas Ketahanan Pangan banten gelar kegiatan sosialisasi ketahanan pangan bagi siswa/wi SMA-SMK Tingkat Banten

Sementara dalam pemaparan terkait analisis konsumsi pangan berbasis PPH dalam perencanaan pembangunan pangan, oleh Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan provinsi Banten, M. Ansori mengungkapkan, bahwa dalam outline presentasinya harus dijadikan konsumsi pangan sebagai indikator ketahanan pangan.

“Kedua, pentingnya anilisis konsumsi dalam perencanaan pangan termasuk parameter perencanaan konsumsi pangan, dan evaluasi pencapaian target serta rekomendasi,” terangnya.

Hal ini diungkapkan oleh M.Ansori pada saat sosialisasi dikegiatan promosi olahan pangan lokal yaitu Beragam, Bergizi Seimbang dan Aman (B2SA), bagi pelajar di SMA dan SMK se-Banten, yang bertempat di SMA Negeri 6 Kota Serang.

M.Ansori juga mengatakan, bahwa arah kebijakan pemantapan ketahanan pangan dalam RPJMN 2015 – 2019 , terdapat 4 strategi utama yaitu, peningkatan ketersediaan melalui penguatan kapasitas produksi dalam negeri, peningkatan kualitas distribusi pangan dan aksesibilitas masyarakat terhadap pangan, perbaikan kualitas konsumsi pangan dan gizi masyarakat, serta mitigasi gangguan terhadap ketahanan pangan.

Gambar ; Siswa/wi SMA dan SMK ikuti kegiatan sosialisasi ketahanan pangan oleh Dinas Ketahanan Pangan Prov.Banten, bertempat di SMAN 6 Kota Serang,Banten

Kata M.Ansori, dalam permasalahan penganekaragaman konsumsi pangan itu sendiri masih terjadi dalam upaya penganekaragaman konsumsi pangan belum menunjukan hasil yang maksimal,gizi kurang dan gizi lebih masih menjadi masalah kesehatan.

Sementara lanjutnya, diperlukan upaya percepatan tercapainya diversifikasi konsumsi pangan untuk mewujudkan pola konsumsi pangan yang memenuhi kaidah gizi yang seimbang. “ Selain itu juga, diperlukan suatu pendekatan percepatan disversifikasi konsumen pangan agar prakarsa yang dilakukan terarah, terukur dan sistimatis,” jelasnya. (*/ADV)

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833