«

»

Okt 12

Stabilisasi Harga dan Pasokan Beras, Ketapang Banten Gelar Rakor

BANTEN, – Guna menjaga keterjangkauan daya beli di tingkat masyarakat konsumen, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten mengadakan rapat koordinasi dan sosialisasi tentang kualitas, mutu dan harga eceran tertinggi (HET) bagi Gapoktan/LDPM-LUPM dan para pelaku usaha di bidang beras tahun 2017, Kamis (12/10).

Kegiatan tersebut juga, seperti diamanatkan dalam UU nomor 18 tahun 2012 tentang pangan dan UU nomor 7 tahun 2014 tentang perdagangan. “ Peraturan menteri perdagangan nomor 57/M-Dag.per/8/2017 tentang penetapan harga eceran tertinggi beras serta permentan nomor 31/Permentan/PP-130/8/2017 tentang kualitas dan mutu beras,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Banten, DR.M.Ali fadillah dalam sambutannya.

Menurut Ali fadillah, pemerintah ousat dan daerah bertugas mengendalikan ketersediaan bahan pangan pokok dan strategis diseluruh wilayahnya. “ Ketersediaan bahan pokok ini harus tersedia dengan jumlah memadai, mutu yang baik serta harga yang wajar dalam keterjangkauan daya beli masyarakat,” terangnya.

Kegiatan sosialisasi ini juga, di harapkan dengan melibatkan Gapoktan/LUPM sebagai pemasok bahan dapat berperan aktif dalam stabilisasi harga dan pasokan dan menjaga anjlognya harga pada masa panen raya dan tingginya pada saat musim paceklik. “ Hal ini menjadi instrumen yang dibuat pemerintah, untuk menahan gejolak harga dalam situasi tertentu yang berkelanjutan baik pada saat situasi suplai melimpah dan kurang sebagai stabilisator dalam menjaga pasokan pangan,” jelasnya.

Lanjut Ali fadillah, keberhasilan kegiatan PUPM sangat ditentukan oleh kerjasama dan komitmen dari berbagai pihak, termasuk komitmen dari tim pembina di provinsi dan tim teknis di kabupaten/kota. “ Saya mengharapkan peserta di kegiatan ini, kedepan dapat berpartisipasi aktif dalam advokasi, sosialisasi, koordinasi dan intergritas dengan instansi terkait dalam pelaksanaan PUPM-TTI dengan membina, memantau, mengevaluasi, mengawasi serta pengendalian agar program ini bisa berjalan baik,” Tandasnya. (*/Adv)

Sumber : Dinas Ketapang Banten

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833