«

»

Des 18

Status Yerusalem, PBB Gelar Voting Resolusi

NEW YORK, – Dewan Keamanan PBB akan menggelar voting pada Senin (18/12) untuk rancangan resolusi yang akan menolak keputusan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel. Sementara pada Minggu (17/12), Presiden Recep Tayyip Erdogan menyatakan akan segera membuka kedutaan Turki untuk Palestina di Yerusalem Timur.

Mesir telah meminta pemungutan suara pada Minggu. Namun voting DK PBB ini kemungkinan akan diveto oleh AS. Rancangan resolusi tersebut juga meminta semua negara untuk tidak membuka kedutaan besar di Yerusalem, yang mencerminkan kekhawatiran bahwa pemerintah lain dapat mengikuti jejak AS.

Resolusi ini sekaligus akan mencegah reaksi negara-negara Kerja Sama Islam (OKI) yang menyerukan agar Yerusalem diakui sebagai ibu kota Palestina. Sementara pada Minggu (17/12), Presiden Erdogan mengungkapkan harapan bahwaTurki akan segera dapat membuka kedutaan untuk negara Palestina di Yerusalem Timur.

“Karena di bawah pendudukan, kita tidak bisa pergi ke sana dan membuka kedutaan. Tapi, Insya Allah, hari itu sudah dekat dan kami akan secara resmi membuka kedutaan kita di sana,” kata Erdogan saat berpidato di kota Karaman tanpa memberikan jangka waktu yang tepat.

Rancangan resolusi yang diperoleh AFP menekankan Yerusalem adalah satu isu “harus diselesaikan melalui negosiasi”. Resolusi juga mengungkapkan penyesalan mendalam atas keputusan baru-baru ini mengenai status Yerusalem, tanpa secara khusus menyebutkan langkah Trump.

“Setiap keputusan dan tindakan yang dimaksudkan untuk mengubah karakter, status atau komposisi demografis Kota Suci Yerusalem dinyatakan tidak memiliki dampak hukum, tidak berlaku, dibatalkan dan harus dibatalkan,” bunyi rancangan resolusi itu.

Para diplomat memperkirakan AS akan menggunakan hak veto untuk memblokir tindakan tersebut namun sebagian besar, jika tidak semua, masih ada 14 anggota lainnya diharapkan dapat mendukung rancangan resolusi tersebut.(*/AFP/RT/SP)

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833