«

»

Mei 20

Tips Pertolongan Pertama, Digigit Ular Berbisa atau Tertusuk Benda Berkarat

Tidak ada yang bisa menebak kapan peristiwa buruk menimpa diri kita, tetapi tak ada salahnya untuk berjaga-jaga bila sewaktu Anda digigit ular berbisa, lipan, kalajengking hingga takut terkena infeksi berbahaya jika tertusuk benda tajam yang berkart (paku atau kawat).

Nah, sebelum peristiwayang tidak diinginkan berlangsung pada diri kita sendiri atau orang lain lantaran insiden diatas tersebut yang dapat merenggut nyawa seseorang. Baiknya Anda ketahui bagaimana melakukan tindakan pertolongan pertama, untuk mencegah racun beresiko menyebar pada tubuh (jantung) karena peristiwa di atas.

Berikut langkah melakukan pertolongan pertama supaya racun tidak menyebar luas dalam tubuh :

Pertama sediakanlah minyak goreng bersih beberapa 1 sendok makan .
Lalu ambillah kain perca lantas robek dalam ukuran agak besar kain/pakaian (bersih) yang telah tidak layak pakai yang memiliki bahan dari benang atau kapas. Jangan sampai menggunakan kain mempunyai bahan nilon.

Sediakan satu buah korek api.
Gulung kain perca, lalu celupkan ujungnya dalam minyak goreng.

Lalu bakar sisi yang basah oleh minyak.
Biarlah beberapa waktu sampai api menyala, lalu cambukan pelan-pelan kebagian anggota tubuh yang digigit atau yang luka oleh benda berkarat.

Cambukkan pada luka beberapa 8 – 10 kali, jangan sampai makin lebih dari 10 kali, lantaran bisa menyebabkan luka bakar.

Sesudah Anda lakukan pertolongan pertama, sebaiknya bawa orang tersebut ke dokter atau rumah sakit paling dekat untuk dilakukan pengobatan secara medis selanjutnya. (*)

Sumber :rahasiabikinsehat.com

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833