«

»

Jul 20

Tokoh Ulama Banten, Sarankan Pemahaman Pancasila Lewat Pengajian

BANTEN, – Pemerintah tengah mengupayakan sosialisasi pengamalan Pancasila, yang saat ini semakin memudar di generasi muda bangsa ini. Terkait dengan itu, tokoh ulama Banten KH.Murtadho Pimpinan Ponpes Cidahu menyarankan sosialisi pengamalan Pancasila kembali dengan cara memberikan pemahamannya di acara pengajian bulanan. Para kiai bisa diikutsertakan, dan dihadiri semua lapisan masyarakat, termasuk dari kalangan pemerintah.

“Tentang sosialiasai pengamalan Pancasila, coba dilakukan dengan cara pengajian bulanan dengan melibatkan para kiai yang dihadiri berbagai lapisan mayarakat,” kata pengasuh Pondok Pesantren Cidahu, Cadasari, Pandeglang, Banten, KH Muhammad Murtadho Dimyati dalam pernyataan seperti yang dilansir beritasatu.com di Jakarta, Kamis (20/7).

Menurut Kiai H.Murtadho, sangat mudah bagi pemerintah dengan kata intruksi agar bangsa ini mengkaji dengan serius pengamalan Pancasila. Terkait dengan itu, dia tidak sepakat dengan slogan yang digelontorkan pemerintah, yakni “Saya Indonesia, Saya Pancasila”.

Sebab, ungkapnya, sebagai umat beragama, masyarakat tidak pernah mengatakan “Saya Indonesia, Saya Muslim’. “Jadi, sebenarnya, sama dengan bangsa dan rakyat Indonesia yang sudah melekat dengan Pancasila, sehingga disebut ‘Pancasilais Agamis’,” kata putra ulama kharismatik Banten, KH Muhammad Dimyati (Abuya Cidahu) itu.

Kiai Murtadho mencontohkan, seseorang yang tidak melaksanakan perintah agamanya, maka orang itu disebut jahid atau durhaka. Sama halnya dengan seseorang yang tidak mengamalkan peraturan berbangsa dan bernegara sebagai rakyat dari negara Indonesia, maka bisa disebut pengkhianat bangsa. “Ini yang harus digempur dengan ‘rudal’ pendidikan dan penekanan atau penataran Pancasila kembali,” jelasnya. (*/SP/BS/Ist)

Sumber:beritasatu.com

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833