«

»

Des 04

Tol Soroja Akan Dongkrak Potensi Bandung Selatan

absndung, – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, keberadaan Jalan Tol Soreang – Pasirkoja atau Soroja, diyakini akan mendongkrak berbagai sektor di kawasan Bandung Selatan, khususnya pariwisata di Kabupaten Bandung.

“Dengan adanya Tol Soroja ini maka ke depan akan semakin banyak wisatawan mengunjungi berbagai tempat wisata di Bandung Selatan, mulai dari Rumah Boscha sampai rumah tempat syuting film Pengabdi Setan di Pangalengan,” kata Presiden Jokowi, saat memberikan sambutan pada peresmian Tol Soroja, Senin (4/12).

Presiden menuturkan, rencana pembangunan Tol Soroja muncul pada 1996 namun baru pada 2015 bisa dilakukan lelang dan akhirnya diresmikan oleh dirinya pada tanggal 4 Desember 2017.

Menurut Jokowi, dengan adanya Tol Soroja tersebut maka perjalanan dari Kota Bandung (dari interchange Tol Pasirkoja) menuju Soreang atau sebaliknya, yang biasanya membutuhkan waktu 1,5 jam, menjadi 12 menit saja menggunakan tol.

Selain itu, ia juga membacakan penggalan syair lagu karya Ismail Marzuki saat meresmikan Jalan Tol Soroja tersebut yakni, “Bandung Selatan dilupakan jangan.” Hal ini, lanjut dia, dikarenakan Bandung Selatan memiliki berbagai potensi, mulai dari kawasan hunian, industri, pariwisata, sarana olahraga, dan pusat pemerintahan Kabupaten Bandung.

“Dibukanya Tol Soroja sepanjang sekitar 10 kilometer ini, akses menuju Soreang yang biasanya 1,5 jam, sekarang bisa dipangkas hingga 13 menit. Bandung Selatan, Kabupaten Bandung, bersiaplah untuk mengalami percapatan di berbagai bidang,” kata dia.

Bandung Selatan terkenal dengan objek wisatanya, banyak tempat wisata bagus dan indah mulai dari perkebunan teh Rancabali, Ciwidey, Malabar, Pangalengan, juga ada Cimanggu, Cileunca Kawah putih, kemudian Rumah Boscha hingga rumah di Film Pengabdi Setan.

Tol Soroja memiliki lima gerbang, yaitu Margaasih Barat, Margaasih Timur, Kutawaringin Barat, Kutawaringin Timur dan Soreang. (*/Ant/SP/Ist)

Sumber : Ant/SP

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833