«

»

Nov 07

Umpannya Perempuan, Komplotan Ini Gasak Mobil-Mobil Mewah

CIMAHI, – Komplotan pencurian dengan kekerasan kendaraan mobil-mobil mewah menjadikan Yolanda, tersangka perempuan sebagai ‘umpan’ untuk memperdaya para korban pemilik kendaraan mewah. Komplotan tersebut, berhasil diciduk jajaran Satreskrim Polres Cimahi-Jabar.

Demikian diungkapkan Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara didampingi Kasatreskrim AKP Niko N. Adiputra kepada wartawan di Mapolres Cimahi Jalan Jenderal Amir Mahmud Kota Bandung, Senin (6/11/2017) kemarin.

“Kami amankan komplotan spesialis tipu gelap maupun curas roda 4 mobil mewah. Diamankan 5 orang tersangka, satu orang diantaranya wanita dan sekarang sedang dibantarkan di RS Sartika Asih karena dalam kondisi hamil,” ujarnya.

Komplotan special pencurian kendaraan mewah Cimahi, gunakan umpan perempuan.


Tersangka atas nama Yolanda, Eri Ridwa, Dadan, Saeful Hayat, dan Ujang Mulyadi. Komplotan tersebut sudah melancarkan aksinya sejak 3 tahun lalu dan berhasil menggasak puluhan mobil mewah di wilayah Cimahi, Kota Bandung, Subang, dan Majalengka.

“Kelompok ini menggunakan tipu muslihat dengan satu orang wanita untuk menjadi umpan atau melancarkan aksi bujuk rayu kepada pemilik kendaraan sehingga bisa berpindah tangan tanpa kekerasan. Ada juga modus pakai bius pada minuman.
Korban yang terperdaya menjadi lengah dan kendaraan dilarikan oleh anggota komplotan lain,” ungkapnya.

Dari tangan tersangka diamankan kendaraan Toyota Fortuner warna putih no pol D 1591 UAJ dan kendaraan Daihatsu Xenia. Pada tahun 2016, petugas pernah mengendus keberadaan komplotan tersebut saat kendaraan yang mereka gunakan ditinggalkan di ruas Tol Purbaleunyi.

“Mereka meninggalkan kendaraan di ruas tol yang ditemukan oleh Satlantas Polres Cimahi. Diduga berkaitan dengan kelompok ini,” katanya.

Para pelaku memilih pemilik kendaraan maupun rental kendaraan dalam aksi tersebut. Komunikasi awal dijalin oleh Yolanda kepada para korban dengan cara sewa ataupun mengajak jalan.

Para tersangka terancam pasal 372 dan atau pasal 378 KUHPidana. Ancaman hukuman mencapai 4 tahun penjara.

Salah satu tersangka, Tamsir, menyatakan, pembagian tugas maupun hasil kejahatan diatur oleh Yolanda. Menurut dia beberapa kendaraan mobil hasil kejahatan dijual di daerah Cirebon. “Buat Fortuner seperti itu sekitar Rp 120 juta, belum ada yang terima. Kalau Xenia enggak tahu harganya,” katanya. (*/PR/Ist)

Sumber : P R

Tinggalkan Balasan

cinta-alam-hijau-e1444135113833